Iklan

Liputanday
18 May 2013, 11:25 WIB
Last Updated 2022-10-14T11:33:42Z
KelistrikanOtomotif

Mengenal Baterai Sepeda Motor

Advertisement
Mengenal Baterai Sepeda Motor
Baterai merupakan bagian yang sangat penting pada sistem kelistrikan sepeda motor maupun kendaraan lainnya yang menggunakan Baterai.

Karena baterai berguna untuk menyimpan arus listrik sementara kemudian di gunakan untuk memenuhi kebutuhan arus listrik pada peralatan listrik sepeda motor dan Mobil.

Arus listrik pada baterai dapat habis dengan sendirinya meskipun tidak digunakan.

Proses pelepasan arus dengan sendirinya ini akan lebih cepat dalam keadaan atau cuaca yang panas.

Oleh karena itu untuk membatasi pelepasan arus dengan sendirinya ini baterai harus disimpan di tempat dingin dan dalam keadaan penuh terisi.

Jumlah elektrolit ( cairan ) baterai harus berada di antara tanda batas agar sel-sel terendam oleh elektrolit.

Kemudian sel-sel baterai dapat bereaksi dengan baik selama proses pengisian dan pemakaian. Apabila elektrolit baterai kurang, tambahkan air accu secukupnya.

Penambahan dan pengurangan air accu akan mempengaruhi kepekatan asam sulfatnya. Kepekatan yang berlebihan akan menghanguskan dan merusakkan separator serta plat-platnya akan dicampuri belerang yang mengganggu reaksi kimia pada baterai tersebut.

Baca juga: Mengenal Baterai Sepeda Motor

Berat jenis elektrolit baterai harus selalu diperiksa. Dengan mengetahui berat jenis elektrolit baterai dapat diperkirakan keadaan pengisian baterai. Untuk mengukur berat jenis elektrolit baterai digunakan aerometer atau hidrometer.

Apabila elektrolit baterai dihisap dalam aerometer maka pengukur aero akan terapung. Permukaan elektrolit akan menunjukkan berat jenis elektrolit tersebut pada skala yang ada di aerometer. Waktu yang paling baik untuk melakukan pengukuran berat jenis elektrolit ialah pada saat baterai baru saja selesai digunakan.

Pada saat ini elektrolit di dalam sel baru saja menjalani proses kimia sehingga elektrolit dalam keadaan tercampur dengan baik. Apabila baterai masih penuh maka berat jenis elektrolitnya antara 1,26 sampai 1,28.

Agar baterai tahan lama maka baterai perlu dirawat secara teratur.

Pembersihan korosi pada terminal baterai secara teratur akan memperpanjang umur terminal baterai. Baterai yang lama terpasang pada sepeda motor terminalnya akan berkarat dan sukar untuk melepaskannya. Untuk mengatasi hal ini dapat digunakan larutan air dengan bicarbonate atau soda untuk membersihkannya.

Cairan bicarbonate atau soda tersebut jangan sampai masuk ke dalam elektrolit baterai karena dapat menetralkan elektrolit tersebut.

No comments:

Post a Comment