Iklan

Liputanday
19 May 2013, 11:44 WIB
Last Updated 2023-12-05T05:08:09Z
KelistrikanOtomotif

Pemeriksaan dan Perawatan Baterai

Advertisement
Tutorial merawat baterai dan bagaimana tatacara pemeriksaan dan perawatan baterai mobil dengan benar

Jika anda memiliki kendaraan yang menggunakan baterai, baik itu mobil maupun motor sebaiknya anda melanjutkan membaca artikel kami yang saya rangkum dalam judul tatacara pemeriksaan dan perawatan baterai mobil dengan benar.


Dalam Tutorial merawat baterai dan bagaimana tatacara pemeriksaan dan perawatan baterai mobil dengan benar untuk semua jenis kendaraan ini dibuat untuk anda yang sedang membutuhkan panduan.


Pemeriksaan dan Perawatan Baterai


Berikut ini akan dijelaskan pemeriksaan dan perawata baterai , sehingga dapat memperpanjang umur penggunaan baterai tersebut. Langkah - langkahnya adalah :


Baca juga: Tatacara Pemeriksaan Platina


  1. Periksa ketinggian permukaan air baterai (elektrolit) secara berkala. Ketinggian permukaan air baterai harus antara garis batas upper dan lower. Jika air baterai di bawah garis lower, tambahkan air murni.
  2. Periksa keadaan kotak baterai dari kemungkinan retak atau bocor. Jika keadaan kotak baterai sudah rusak sebaiknya ganti baterai atau jika mudah untuk diperbaiki, segera perbaikilah. Kotak baterai yang bocor berakibata air baterai cepat habis sehingga sel - sel baterai cepat rusak. 
  3. Periksa keadaan kutub - kutub baterai. Jika kutub baterai tertimbun endapan putih, bersihkan dengan air hangat. JIka kutub baterai berkarat bersihkan dengan amril halus dan beri pelumas sedikit untuk mencegah agar tidak cepat berkarat. 
  4. Periksa keadaan selang pernapasannya. Selang pernapasan tidak boleh tersumbat oleh kotoran atau terpuntir, Selang pernapasan yang tersumbat harus dibersihkan atau diganti. Selang pernapasan berguna untuk mengalirkan uap air baterai ketika panas. 
  5. Ukur tegangan baterai dengan voltmeter pada kedua kutubnya. Jika tegangan baterai kurang dan disertai dengan berat jenis elektrolit rendah maka baterai harus dicharge (disetroom).
  6. Pengisian untuk baterai baru dengna kuat arus pengisian 10 % dari kapasitas baterai selama 10 jam sedang untuk baterai lama selama 3 jam dengan kuat arus pengisian 35 % dari kapasitas baterai.
  7. Pengisian arus listrik baterai dilakukan dengan alat khusus yaitu batery charger. Kutub positif dihubungkan dengan kabel positif dan kutub negatif baterai dihubungkan dengan kabel negatif batery charger.
  8. Pada waktu pengisian berlangsung tutup sel harus dibuka agar uap air baterai dapat keluar. Jika bateraj sudah terisi penuh maka akan timbul buih - buih gas ke permukaan dan berat jenis baterai sekitar 1,26.

Penting! Cara melepas terminal baterai


Cara melepas terminal baterai

Berikut ini adalah sesuatu yang penting dalam melepas terminal baterai dengan benar, jangan sampai salah dan menimbulkan kecelakaan.


Baca juga: Mengenal Baterai Sepeda Motor


  • Jika klem terminal baterai sulit dilepas , jangan paksa dengan cara dipukul atau digoyang seperti gambar di atas. Lepaskan klem tersebut dengan alat bantu seperti pada gambar berikut:
  • Agar penggunaan arus baterai tidak terlalu boros sebaiknya jangan menekan tombol starter terlalu lama ( untuk sepeda motor dengan starter elektrik) waktu menghidupkan pertama kali. Di samping itu jika sepeda motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang agak lama sebaiknya kabel negatif (-) baterai yang berhubungan dengan massa dilepas.  

Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment