Iklan

Liputanday
20 May 2013, 12:08 WIB
Last Updated 2022-10-14T11:33:42Z
KelistrikanOtomotif

Penyearah Arus

Advertisement
Penyearah arus atau kiprok terdiri atas dioda yang mana dioda tersebut mempunyai sifat hanya dapat dialiri arus pada satu arah saja. Dengan demikian arus yang dihasilkan oleh pembangkit diubah menjadi arus searah. Arus yang dihasilkan oleh pembangkit listrik adalah arus AC (bolak - balik). Apabila arus tersebut akan dialirkan ke baterai maka arus tersebuh harus diubah dulu menjadi arus searah. Komponen yang berguna menyearahkan arus tersebut adalah kiprok.

Pemeriksaan dan perawatan:
  1. Pemeriksaan kiprok yang mempunyai empat kabel dengan warna hijau, kuning, merah jambu, dan merah putih. Sambungkan kabel - kabel ohmeter sebagai berikut:
    Pemeriksaan kiprok
    Pada pemeriksaan seperti di atas jarum ohmeter harus menunjukkan tahanan minimal 1500 ohm atau jika menggunakan bola lampu, bola lampu tidak menyala. Jika sambungan kabel ohmmeter terbalik, jarum ohmmeter harus menunjukkan tahanan 5 -40 ohm atau jika pengetesan dilakukan dengan bola lampu maka lampu akan menyala. Jika hasil pengetesan tidak sesuai dengan ketentuan tersebut berarti kiprok sudah rusak. 
  2. Pemeriksaan kiprok yang mempunyai dua kabel saja dengan warna merah putih dan hijau. Sambungkan kabel ohmeter sebagai berikut:
    Pemeriksaan kiprok
    Pada pemeriksaan tersebut di atas jarum ohmmeter tidak bergerak dan sebaliknya jarum ohmmetr bergerak jika sambungan kabel ohmmeter dibalik. Jika hasil pengukuran di luar ketentuan tersebut berarti kiprok rusak.

No comments:

Post a Comment